Selasa, 09 Juni 2009

Birokrasi oh birokrasi

Assalamu'alaykum semua ^_^

Judulnya panjang bgt yak? Gapapa deh. .


Gue bru aja pulang dari puskesmas, buat bikin surat rujukan ke Rumah Sakit besok. Gue mau perawatan gigi mulai besok, doain yak ;-).
Biasanya gue bikin surat2 itu di dokter klinik deket rumah, karena askes gw juga berlaku di situ. Cuman, karena gw lg banyak waktu gw ke puskesmas deh sekalian liat2, cuz dah lama bgt ga kesitu.

Pas sambil nunggu di panggil dokter, (karena mesti periksa dulu) ada ibu2 yg ngajakin gw ngobrol. Lalu mengalirnya obrolan diantara kita, dari situ gue tau kalo si ibu lg ngambil surat rujukan juga buat anaknya yang umur 4 tahun. U kn0w what ke poli mana?
Jantung man!.
Jantung Anaknya divonis jantung bocor dari usia 2 bulan. Langsung keingetan Mas lili, beliau saudara gw yang meninggal karena jantung bocor juga.

Yang bikin gw miris apa coba? Denger si ibunya cerita, kalo buat kontrol ke dokter aja susah nya minta ampun. Apalagi masalahnya kalo bukan soal birokrasi! .
Mereka yg kurang mampu, justru di persulit dalam pelayanan kesehatan. Kata si ibu, buat daptar aja mereka mesti di oper kesanakesini. Mungkin karena mereka GA BAYAR.
Ya ampun, kenapa yak pelayanan publik masih suka ngebedain pelayanan buat orang yg ga mampu, sama yg mampu.
Bukannya para petugas itu udah di gaji? Tapi kenapa slalu seperti, itu? Kalah oleh yg namanya uang. Mungkin gak semuanya kayak gt, tapi kenyataan di lapangan lebih bnyak yg kyk gt.
Contohnya aja, pas bulan kemaren adek gue operasi usus buntu, dia kan kebagian ruangan di kelas 2, karena kelas 1 sm suit room penuh. Pelayanan'a jauh bgt sama pas bpak gw di rawat di suit, nyuruh suster susah, ruangan kotor, dokter males2an. Ga enak bgt dah.

Makanya jangan heran kalo jadi muncul kasus kayak pritamulyasari or yg laen'a, karena emang kenyataan'a pelayanan2 di ruangpublik itu masih bnyak yg belum maksimal. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar